Jumat, Agustus 08, 2008

MAKNA KEMERDEKAAN

Bagi yang tak pernah merasa terjajah mungkin kata merdeka seolah sebuah kata tanpa makna. Hal itu bertolak belakang bagi yang merasa mengalami pahit getirnya sebagai bangsa terjajah, terbelenggu oleh segala keadaan. Sayangnya semakin sedikit saksi penderitaan itu ada disekitar kita. Lambat laun dengan kepastian mereka lenyap dari muka bumi dan yang ada hanya sisa cerita belaka.
Lantas bagaimana memaknai arti kemerdekaan dijaman sekarang? Tidak cukup hanya mengandalkan cerita belaka, tidak cukup pula hanya biodrama ataupun kumpulan foto. Harus ada cara melestarikan semangat kebangsaan, patriotisme yang sekarang ini makin luntur tergerus erosi jaman. Sudah semestinya kita kaum muda memaknai kemerdekaan ini dengan semangat kerja yang tinggi, dan menanamkan kepada diri kita masing-masing semangat patriot membela NKRI supaya jangan terpecah belah. Mampukah kita?

Merdeka RI, tetaplah berkibar merah putihku di bumi tercinta.

1 komentar:

Syams Ideris mengatakan...

Benar Pak! Generasi sekarang kurang mengetahui, kurang memahami, dan kurang menghayati pengorbanan dan perjuangan generasi terdahulu.

Generasi saat ini menjadi generasi yang hedonis, baby boomers yang terlena dengan berbagai gemerlap dan kemajuan dunia.

Semoga moment 63 tahun Indonesia Merdeka ini dapat menjadi sarana untuk menghayati semangat dan pengorbanan pejuang dan pahlawan kita. Amin. Salam untuk semua rekan di Barabai. Merdeka !!!!